Ads 468x60px

Whale Shark at Teluk Cendrawasih National Park - West Papua Indonesia

Whale Shark @ Teluk Cendrawasih National Park - West Papua - Indonesia

Whale shark atau hiu paus merupakan ikan terbesar di dunia. Panjangnya bisa mencapai 14 meter dengan berat 15 ton. Ukuran rata-ratanya sekitar 7.6 m walapun demikian tidak termasuk Paus. Whale shark merupakan hewan yang soliter, sehingga sangat jarang ditemui Whale Shark ditemukan dalam kumpulan yang besar. Whale Shark dapat hidup di dekat pantai maupun di lepas pantai. Whale shark menghabiskan lebih banyak hidupnya di dekat permukaan air. Hal tersebut berkaitan erat dengan makanannya yaitu plankton dan biota kecil lainnya yang berada di permukaan.

Whale Shark mempunyai persebaran yang luas dan hidup di perairan panas di lintang ±30-40 derajat (daerah Equator).

Taman Nasional Laut Teluk Cendrawasih menjadi salah satu habitat Whale Shark di dunia. Lebih 50 ekor hiu paus dapat dijumpai di lautan kwantisore. Terdapat hubungan yang menguntungkan antara konservasi jenis hiu paus- masyarakat- ekowisata. Pakan hiu paus didapat dari sisa2 ikan puri dari 17 bagan ikan masyarakat sehingga fenomena ini dapat dilihat dari sisi wisata terbatas. Wisatawan melalui operator memberikan kontribusi pendapatan bagi masyarakat bagan. Karena masyarakat mendapatkan keuntungan dan ditunjang kesadaran masyarakat yang baik keberlanjutan kehidupan hiu paus dapat terjamin.
Pengembangan ekowisata berbasis spesis dan masyarakat lokal ini diorganisir oleh taman nasional teluk cendrawasih dan papua pro (operator ekowisata) serta masyakakat kwantisore dan nabire.

Infornasi lebih lanjut/ Further Information, please contact :
Kantor Balai Besar Taman Nasional Teluk Cendrawasih
Jl. Drs. Essau Sesa, Sowi Gunung Manokwari -- Papua Barat
Telp : +62-986-212303 Fax: +62-986-214719
Email : telukcendrawasih@gmail.com

Kantor Bidang Pengelolaan Taman Nasional Teluk Cendrawasih Wilayah I -- Nabire
Jl. Bandung Gang Dualima -- Nabire -- Papua
Telp: +62-984-22239

source : www.addirectors.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...